Rabu, 27 Juli 2016

Inilah Deretan Pemuda asal Sumbawa yang Bisa Menjadi Inspirasi Indonesia


exposesumbawa.blogspot.co.id - Tak ada yang menyangsikan bahwa pemuda adalah sebagai generasi penerus suatu bangsa. Pergerakan pemuda selalu hal yang di nanti bangsa ini. Jika orang tua hanya bisa bermimi maka pemudalah yang merealisasikannya.
Bung Karno dalam pidatonya yang berapi-api dan semangat membara mengatakan : "Seribu orang tua hanya dapat bermimpi, satu orang pemuda dapat mengubah dunia." 
Kolektif kreatifitas pemuda di daerah pada ujungnya membentuk suatu karakter bangsa yang terdiri dari berbagai daerah dengan karakter yang berbeda. 

Nah, beberapa pemuda asal Sumbawa ini telah membuktikan beberapa kreatifitas yang mengagumkan. Berikut ini beberapa pemuda asal Sumbawa yang menjadi Inspirasi,

1. Sahabudin, Pemuda Pelopor asal Pulau Bungin

Datang dari sebuah pulau terpadat di dunia, Sahabudin berhasil menginspirasi banyak orang dengan meraih juara ketiga pada ajang Pemuda Pelopor bidang Kelautan tinggkat Nasional. 

Prestasi yang membanggakan untuk seorang pemuda. Tak hanya sampai disitu, lihat apa yang dilakukan Sahabudin saat ini. Kreatifitasnya membuat banya orang terkagum.

Nama Sahabudin mungkin tak setenar dengan artis-arti Indonesia. Namun, ada sisi positif yang pantas untuk kita kagumi dari seorang Sahabudin ini, dialah Inisiator sekaligus pendiri Museum Bahari atau Museum nelayan yang berlokasi di Pulau Bungin, Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa. Didirikan pada tahun 2014. 
Mencintai peradaban maritime berarti mencintai sejarahnya. Mencintai sejarahnya berarti menyelamatkan warisannya. Menyelamatkan adalah tindakan, bukan berhenti pada sekedar memikirkan.
Tekadnya untuk terus melestarikan mesium bahari ini mendapat respon positif dari semua kalangan. Banyak keterbatasan yang dialaminya, tapi itu bukan menjadi hambatan untuk terus menginspirasi banyak orang.
Visi Museum ini adalah menjadikan museum nelayan sebagai pusat studi peradaban maritime dan sebagai media edukasi karakter kebaharian anak bangsa.
Itulah Visi yang sedang di laksanakan oleh museum nelayan yang di gagas oleh seorang Sahabudin, inilah inspirasi masa depan Indonesia.

2. Hardawiyansya, Pemuda Pelopor dari Pulau Kaung hingga meraih juara 2 tingkat Nasional

Tepatnya pada tahun 2012 lalu, Hardawiansyah, Pemuda Pelopor dari Pulau Kaung juga berhasil meraih juara dua nasional. Hardawiansyah juga membidangi Pemuda Pelopor bidang kelautan.

Tekad Hardawiasyah ditunjukkan dengan prestasinya menyabet juara 2 pada aja Pemuda Pelopor tingkat Nasional. Baik Sahabudin ataupun Hardawiasyah bisa menjadi panutan kita sebagai pemuda. Kepeduliannya terhadap lingkungan, khususnya bidang kelautan dapat menjadi tonggak awal dari kelestarian lingkungan laut kita. So, mari kita jadikan inspirasi hidup kita.

3. Nurmaini Anggraeni, Sang Pemuda Pelopor yang menjadi Inspirasi para Ibu-ibu di lingkungannya.

Berangkat dari sebuah desa kecil di timur Kabupaten Sumbawa, tepatnya Desa Gapit Kecamatan Empang, Nurmini membuktikan bahwa apa yang dilakukannya adalah tepat. Pada ajang Pemuda Pelopor tahun 2013 lalu, Nurmini berhasil membawa pulang predikat juara 2 tingkat nasional di bidang kewirausahaan. 

Siapa yang menyangka bunga bangkai yang disulapnya menjadi makanan ringan ini mendapat predikat juara 2 Nasional. Berawal dari hobi dan kreatifitasnya dalam mengolah bunga bangkai hingga menjadi makanan ringan siap saji berbentuk kripik ini, Nurmini mampu melibatkan masyarakat banyak.

Tonton Video Nurmini Anggraeni berikut ini...
Nurmini ingin masyarakat sumbawa mampu berdiri sendiri dengan olahan industri rumah tangga. Ia berpendapat bahwa hal yang dilakukan ini akan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat, khususnya pada lingkungan sekitarnya.

Dia juga berharap bisa menumbuhkan semangat kerja bagi ibu-ibu rumah tangga dan remaja-remaja putri diseluruh indonesia, khususnya Sumbawa agar bisa kreatif dan berpendapatan demi terciptanya ekonomi keluarga yang sejahetra.

Inilah 3 pemuda asal Sumbawa yang mampu membanggakan Sumbawa di tingkat Nasional. Bukanlah suatu perkara mudah untuk merebut gelas juara di pentas Nasional. Mereka harus bersaing dengan pemuda-pemuda lainnya. 

Semoga semangat tiga orang tadi mampu memotivasi setiap pemuda. Perlu di ingat sekali lagi, di tangan pemudalah bangsa yang kuat tercipta. 
"Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia" 
So, Buat kita semua, jadilah inspirasi buat semua orang. Satu hal positif lebih baik daripada tak melakukan pergerakan apa-apa. (iws)


Oleh: Iwin Satriani

0 komentar:

Posting Komentar