Rabu, 27 Juli 2016

Sumbawa, Destinasi Baru Bagi Kamu Traveller Sejati


exposesumbawa.blogspot.co.id - 'Bali atau Lombok' mungkin sudah menjadi hal yang membosankan bagi kamu para traveller sejati. Sepertinya kamu perlu mencari referensi baru untuk dimasukkan didalam list destinasi yang akan kamu kunjungi. Oke, berikut ini bisa menjadi pertimbangan untuk memasukkan Sumbawa kedalam list petualangan kamu. Hanya butuh beberapa jam dari Pulau Lombok untuk menyebrang ke arah timur untuk sampai ketempat yang satu ini. 'Sumbawa', inilah nama yang mungkin bisa menjadi salah satu tempat unik yang perlu untuk kamu jelajahi. 

Berikut ini beberapa tempat yang bisa membuat kamu terkagum dengan Sumbawa, berikut ulasannya.

1. Yuk, memacu andrenalin menuju Desa di Puncak tertinggi Sumbawa.

BAODESA, inilah nama desa yang bisa menjadi tujuan anda. Atmosfer yang berbeda akan sangat terasa kala memandang rumh-rumah yang menampilkan ciri khas yang unik. kamu tak akan menemukan ini di tempat yang berbeda. Lumbung-lumbung beratapkan bambu masih menjadi tempat menyimpan hasil pertanian masyarakat di sana terutama padi dan jagung. desa ini adalah salah satu desa yang bertahan ketika Tambora memuntahkan abu fulkanik, lava dan lahar panasnya pada tahun 1815.

Siapkan mental dan fisik kamu ketika hendak menginjakkan kaki ditempat ini. Turunan dan tanjakan yang juram akan menghiasi perjalanan kamu. Akses jalan yang belum begitu bagus menjadikan perjalanan kamu semakin menarik. Mata anda akan di hadiahkan pemandangan nan spektakuler, Rimbunan lebat hutan berwarna hijau, beberapa air terjun di sepanjang perjalan serta tebing tebing yang tinggi,  siap menjadi pemandangan yang indah. Heningan suara alam menjadi irama perjalan kamu kali ini. Jadi, siapkan diri anda untuk menuju Desa BAODESA ini.

2. Romantisme bercinta dengan alam di Pulau Moyo, 

Pulau ini terletak di sebelah utara Sumbawa, berhadapan langsung dengan Gunung Tambora. 'Surga di Timur Indonesia'. Ini mungkin menjadi kata yang pas untuk Pulau Moyo. Pesona nya mampu menghadirkan figure dunia seperti Putri diana dari kerajaan Inggris serta beberapa publik figure dunia lainnya.

Pesona yang natural di hutan Pulau Moyo di lengkapi habitat lengkap seperti kawanan rusa, sapi liar, babi hutan dan burung gosong (megapodius) serta habitat-habitat lainnya yang dilindungi pemerintah dalam mengatasi kepunahannya. 

Air terjun Mata Jitu siap menanti kamu di tengah rimbunan rimba di Pulau Moyo. Pesona nya siap membuat kamu terkagum. Selain pesona di tengah rimba, Pulau Moyo juga memiliki pemandangan unik didasar laut yang siap memanjakan mata kamu dengan berbagai jenis biota laut. Bagi para pecinta snorkling atau diving, ini adalah surga baru bagi kamu. So, siapkan jadwal kamu untuk mengexplore pulau yang satu ini.

3. Tonton aksi joki cilik Sumbawa di arena Pacuan kuda Desa Penyaring

Desa Penyaring terletak di Kecamatan Moyo Utara Kabupaten Sumbawa. Selain sebagai penghasil susu kuda liar dan produk permen susunya, penyaring juga menjadi tempat berdirinya kerato, sebuah arena tempat dimana pacuan kuda ala sumbawa di lakukan. 

Guys, ada yang unik dengan pacuan kuda Sumbawa...???  

Disini hanya ada joki cilik guys, mereka sang ksatria yang siap bertarung di arena pacuan kuda. Jika pertama kali melihatnya mungkin kamu akan sedikit tercengang dengan keberania para joki cilik ini. soal jatuh itu biasa, tak ada rasa takut di hati mereka. Mereka adalah para joki cilik yang sudah terlatih memacu kuda sekencang-kencangnya. Riuh teriak selalu menjadi irama di pinggir arena pacuan kuda, mereka adalah para penggemar maen jaran atau pacuan kuda Sumbawa ini. Ini bisa menjadi pengalaman baru kamu serta pengalaman yang luar biasa.

4. Gudang Budaya di Desa Poto

Desa Poto, inilah sebuah desa dengan segudang tradisi budaya yang ada didalamnya. Di desa ini tadisi budaya terlestari dengan baik. Kesadaran masyarakt dalam melestarikan budaya menjadi tonggak eksistesi budaya hingga kini. Sanggar budaya berjalan dengan baik sehingga membuat generasi muda terus mendalami buaday-budaya yang hampir saja punah. Tradisi nesek atau tenun tradisional Sumbawa masih bisa kamu temukan di Desa ini. Berapa Kebo atau karapan kerbau masih teragenda dengan rutin. Adalagi tradisi pesta rakya 'ponan' yang tiap tahunnya dikunjungi ribuan pengunjung dari segala penjuru. 

Inilah desa Poto dengan segala keunikannya. Jika kamu ingin mengenal tentang Sumbawa, Desa Poto bisa menjadi perwakilan budaya Sumbawa. 

Dears Travellers yang ingin menambah referensi lokasi petualangan, Sumbawa bisa menjadi destinasi menarik buat kamu. Banyak hal unik yang akan kamu temukan di sini. So, tunggu apalagi...??? Ayo ke Sumbawa, dan nikmati pesona yang ada di Sumbawa (iws)


Oleh: Iwin Satriani


0 komentar:

Posting Komentar